Masa Otot Hilang
Masa Otot Hilang

Hilangnya Massa Otot Akibat Diet yang Salah

Orang yang ingin menurunkan berat badannya lazim melakukan diet di samping berolahraga. Tujuan utama dari diet ini adalah menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori harian yang masuk lewat tubuh melalui makanan dan merubah lemak menjadi energi. Namun sering kali diet yang dilakukan oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan adalah salah.

Beberapa orang melakukan olahraga dan diet secara ekstrim setiap hari. Hal ini dapat membuat sistem tubuh menjadi kacau. Dalam kondisi demikian, tubuh akan merasa kekurangan asupan gizi untuk menjalani berbagai fungsi dasar seperti bernafas. Tanpa energi yang cukup, tubuh akan mengkonsumsi sumber tenaga dari dalam seperti jaringan otot.

Kehilangan lebih banyak otot daripada lemak tentu sangat tidak diharapkan dalam menjalani diet dan olahraga. Berikut ini adalah beberapa tanda tubuh telah kehilangan banyak otot akibat diet yang dilakukan terlalu ekstrim.

  • Kehilangan Berat Badan Tiba-Tiba dalam Jumlah Besar

Jika kita kehilangan berat badan dalam jumlah esktrim dan dalam jangka waktu sangat cepat maka perlu diwaspadai jika kita melakukan kesalahan dalam menjalani program diet sehat. Hal itu dikarenakan ada batas dalam proses pembakaran lemak. Jika sebelumnya tubuh memiliki tingkat pembakaran lemak yang cukup lamban dan tiba-tiba tubuh kita mengalai penurunan bobot secara signifikan berarti hal tersebut menandakan massa otot telah ikut terbakar untuk menyuplai energi dalam tubuh.

  • Merasa Lesu

Jika dengan olahraga berintensitas yang sama lalu kita merasa lebih lesu dan lamban daripada biasanya, maka dapat dikatakan bahwa tubuh telah kehilangan sebagian massa ototnya. Segera berhenti berolahraga dan lakukan evalusai terhadap diet yang sudah dilakukan selama ini.

  • Otot Tidak Bertambah Besar
BACA JUGA:  7 Makanan Super untuk Diet dan Turunkan Kolesterol Jahat

Salah satu tujuan berolahraga adalah membentuk otot. Ketika kita melakukan aktivitas fisik seperti mengangkat beban namun tidak melihat adanya perkembangan massa otot yang cukup maka kemungkinan program diet mengalami kegagalan, dan tubuh lebih banyak membakar otot daripada lemak untuk memberikan tenaga bagi organ vital dalam tubuh.

  • Mood Jelek dan Susah Berfikir

Tidak cukup makan akan menyebabkan penggunaan energi ke semua organ tubuh termasuk otak menjadi terganggu. Salah satu indikasinya adalah mood yang tiba-tiba berubah menjadi jelek dan kesulitan dalam berfikir. Itu adalah salah satu indikasi pentng tubuh mulai menggunakan cadangan otot untuk dibakar dalam rangka memberikan tenaga pada organ-organ dalam tubuh.

  • Keseimbangan Terganggu

Sama halnya dengan rasa lesu dan lamban, kekurangan nutrisi dan asupan kalori menyebabkan tubuh mulai kehilangan keseimbangan. Otak tidak mendapatkan cukup energi untuk berkomunikasi dengan otot dan rangka untuk mempertahankan kestabilan tubuh.

Jika hal ini terus berlangsung, tubuh terpaksa menggunakan jaringan otot sebagai bahan bakar dan tenaga. Jika mengalami ketidakseimbangan saat menjalani program diet sehat, segera hentikan aktivitas dan segera konsumsi makanan secukupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here