Bawang Putih Cegah Corona?
Bawang Putih Cegah Corona?

Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memang memiliki sifat antivirus yang dapat melawan kedatangan influenza A dan B, HIV, pneumonia yang disebabkan oleh virus, hingga rhinovirus (yang menyebabkan pilek). Namun, studi baru masih diperlukan untuk dapat membuktikan kemampuan bawang putih sebagai antivirus. Bawang putih diketahui memiliki sifat antivirus. Namun, benarkah air bawang putih dapat menyembuhkan virus corona?

Bawang putih dapat menyembuhkan virus corona?

Badan kesehatan dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan bahwa informasi tentang bawang putih dapat menyembuhkan virus corona hanyalah mitos. WHO tidak menyangkal bahwa bawang putih adalah bumbu tubuh yang sehat. Namun WHO menekankan, tidak ada bukti yang mengkonfirmasi bahwa bawang putih dapat menyembuhkan virus corona. Bahkan, WHO juga mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih tidak dapat melindungi tubuh Anda dari virus corona.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia juga mengatakan hal yang sama. Melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto, Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak dapat menyembuhkan virus corona. Secara ilmiah, menurut Achmad, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan virus corona. Bahkan, ia juga menekankan, minum air putih bawang putih tidak akan membawa efek apa pun

Cara mencegah virus corona

Alih-alih dikonsumsi dengan mitos penyembuhan dan pencegahan virus corona, ada baiknya Anda memahami berbagai cara untuk mencegah virus corona yang telah terbukti secara ilmiah. Menurut WHO, beberapa cara untuk mencegah virus corona dianggap efektif.

• Mencuci tangan

Cuci tangan Anda secara rutin dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Jangan sampai ada area tangan yang dilupakan. Sebab, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun berbahan dasar alkohol, terbukti dapat membunuh virus di tangan.

BACA JUGA:  3 Jenis Makanan Bisa Mempercepat Kematian Salah Satunya Daging Merah

• Menerapkan social distancing

Jarak sosial adalah upaya menjaga jarak antara Anda dan orang lain. Paling tidak, jaga jarak sekitar 1 meter (3 kaki) dari orang yang sakit atau batuk. Sebab, ketika seseorang bersin dan batuk, cairan tubuh (tetesan) akan menyebar di udara. Siapa pun yang ada di dekatnya, bisa menyesap tetesannya.

• Hindari menyentuh hidung, mulut dan mata

Tidak mungkin untuk menerapkan hal yang satu ini, mengingat semua benda dan permukaan disentuh oleh tangan. Jadi, hindari menyentuh hidung, mulut dan mata untuk mengurangi risiko masuknya virus ke dalam tubuh, melalui tangan yang terkontaminasi.

• Jika Anda merasakan gejala nyeri, segera datang ke dokter

Virus corona memiliki beberapa gejala umum seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Jika Anda merasakan beberapa gejala ini, segera datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Jangan lupa untuk terus memantau informasi terbaru tentang virus corona. Karena, penyebaran virus corona sangat cepat, Anda juga harus mewaspadai penyebarannya. Selain itu, ada berita bahwa virus corona dapat ditularkan melalui udara. Bahkan, WHO sendiri akan mempertimbangkan beritanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here