7 Keuntungan Olahraga Lari dalam Menurunkan Berat Badan
7 Keuntungan Olahraga Lari dalam Menurunkan Berat Badan

7 Keuntungan Olahraga Lari dalam Menurunkan Berat Badan

Berbagai macam langkah dilakukan agar dapat menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal. Kombinasi diet dan olahraga merupakan dua aktivitas yang tidak akan pernah lepas dari seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Banyak orang yang mencari aktivitas olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Lari adalah salah satu olahraga yang sangat efektif dalam menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan. Lari juga merupakan olahraga yang mudah dan murah tanpa harus banyak mengeluarkan uang untuk membeli berbagai macam peralatan olahraga.

Berikut ini adalah 7 keunggulan olahraga lari dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan olahraga lain:

  1. Efektif Mengurangi Lemak

Latihan lari menyebabkan naiknya proses metabolisme tubuh dengan sangat cepat. Metabolisme tubuh yang cepat tentu saja berkontribusi langsung pada penurunan berat badan. Jika seseorang memutuskan untuk lari dan membandingkannya dengan olahraga lain dalam jangka waktu yang sama, maka lari memberikan lebih banyak penurunan berat badan.

  1. Meningkatkan Level Kebugaran Tubuh

Latihan lari cepat dapat meningkatkan level kebugaran tubuh dengan signifikan. Ketika sedang dalam tekanan untuk berlari cepat, tubuh dipaksa untuk menyesuaikan diri dan meningkatkan kemampuannya. Hal ini akan dapat membakar cadangan lemak secara efektif sebagai bahan bakar. Lari cepat juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyimpan glycogen dalam otot, glycogen menyediakan tubuh energi ekstra untuk dipakai saat sesi olahraga selanjutnya.

Ketika kita berolahraga pada kesempatan berikutnya, maka stamina dan kekuatan tubuh akan meningkat secara drastis dan lemak yang terbakar pun akan lebih banyak.

  1. Membangun Massa otot

Di samping menurunkan berat badan dengan membakar kalori dari makanan dan cadangan lemak, latihan lari juga dapat menstimulasi secara cepat serat otot yang dapat meningkatkan pertumbuhan massa otot dan bentuk tubuh ideal.

  1. Bagus untuk Perkembangan Hormon
BACA JUGA:  5 Jenis Makanan Yang Ampuh Menetralisir Kolesterol Daging Kambing

Pada pria, latihan lari dapat meningkatkan kadar hormon testosteron yang mana akan meningkakan pertumbuhan otot dan mengurangi cadangan lemak. Meningkatnya hormon testosteron juga akan meningkatkan gairah seksual seorang pria.

  1. Membuat Bahagia

Olahraga lari sama halnya dengan olahraga lainnya dapat meningkatkan kadar hormon endocannabinoids yang dapat meningkatkan mood seseorang. Olahraga lari juga dapat memerangi depresi dan kecemasan.

  1. Menguatkan Lutut dan Tulang

Olahraga lari sudah lama dikenal meningkakan massa tulang dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit pada tulang yang pada umumnya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia.

Banyak yang salah beranggapan bahwa lari dapat menyebabkan hal buruk pada lutut. Sebaliknya, olahraga lari dapat memperkuat lutut dan persendian lain dalam tubuh.

  1. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa olahraga lari dapat mengurangi tingkat resiko terkenan kanker. Lebih jauh lagi, bila tubuh sudah terkena kanker, maka dalam proses kemoterapi, olahraga lari dapat meningkatkan kualitas hidup dan harapan hidup seorang penderita kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here