4 Kacang Super untuk Kesuksesan Progam Diet Sehat Alami Anda
4 Kacang Super untuk Kesuksesan Progam Diet Sehat Alami Anda

4 Kacang Super untuk Kesuksesan Progam Diet Sehat Alami Anda!

Banyak mitos yang beredar tentang bahaya buruk bahan makanan dari kacang-kacangan seperti selai kacang dan kacang tanah terutama dalam hal menurunkan berat badan. Kebanyakan orang mengkhawatirkan tentang besarnya lemak yang dikandung dalam kacang tersebut.

Namun fakta yang sebenarnya adalah lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan merupakan lemak tak jenuh atau yang biasa disebut lemak baik. Jenis lemak tersebut tidaklah mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah seperti lemak hewani pada umumnya. Bahkan beberapa jenis kacang yang kaya akan lemak tak jenuh dapat membantu mengendalikan tingkat kolesterol dalam darah.

Kacang-kacangan juga kaya akan protein nabati yang baik untuk kesehatan. Dengan kandungan lemak dan protein yang tinggi, kacang-kacangan selain terasa nikmat juga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Hal ini menjadikan kacang-kacangan sebagai salah satu bahan makanan terbaik untuk orang yang menjalankan diet.

Namun diantara banyaknya jenis kacang, terdapat 6 buah jenis kacang yang bisa dikatakan “kacang super” karena kandungan nutrisi dan manfaatnya yang luar biasa, serta yang terpenting adalah ramah untuk pelaku diet.

Berikut ini adalah 4 kacang super yang kaya akan khasiat dan dapat membantu mengurangi berat badan:

  1. Kacang kenari

Kacang kenari kaya akan lemak sehat, termasuk omega 3 yang penting bagi kesehatan jantung dan otak. Mengkonsumsi kacang kenari menjadi alternatif dari orang yang tidak suka mengkonsumsi ikan dan minyak ikan yang merupakan sumber utama omega 3 hewani. Kacang kenari juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah diabetes tipe-2.

Kacang kenari juga kaya akan melatonin yang dapat membantu tidur saat malam hari lebih nyenyak dan berkualitas.

BACA JUGA:  4 Bahan Makanan yang Ahli Nutrisi Tidak Anjurkan saat Menjalani Program Diet Sehat

       2. Kacang Almond

Mengkonsumsi kacang almond dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, dan mencegah para pelaku diet untuk ngemil sembarangan. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang almond, para pelaku diet mendapatkan pengurangan berat badan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kacang almond. Kacang almond juga merupakan sumber antioksidan dan vitamin E.

        3. Kacang Brazil

Kacang brazil mengandung banyak mineral selenium yang memainkan peran penting dalam meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin banyak kalori dan lemak yang dibakar saat diet dan berolahraga. Kacang Brazil juga dikenal meningkatkan imunitas dan kesuburan.

Selain bagus untuk meningkatkan metabolisme, selenium juga dapat menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker berbahaya, seperti kanker payudara, kanker tulang dan kanker prostat.

       4. Kacang Tanah

Kacang tanah adalah kacang paling populer dan mudah didapatkan di seluruh dunia. Kacang tanah mengandung potasium, kalsium, folat, dan vitamin E. Mengkonsumsi kacang tanah secara rutin dapat menjauhkan diri dari serangan jantung dan stroke. Kacang tanah juga dapat membantu meningkatkan energi saat bekerja.

Kacang tanah mengandung protein nabati yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Kacang tanah juga dapat menstabilkan gula darah. Pilihlah produk kacang tanah tanpa tambahan garam agar lebih menyehatkan, bila perlu olah sendiri kacang tanah di dapur rumah agar lebih terjamin gizi dan kebersihannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here